Jika kawan ada dokumen Word maupun Excel yang dianggap rahasia, dah tidak ingin dokumen tersebut dibuka atau diedit orang lain yang tidak berkepentingan. Mungkin cara ini akan membantu sedikit.
Dengan memanfaatkan fasilitas password yang telah disediakan oleh MicrosoftOffice Word maupun Excel, anda bisa dengan mudah melindungi dokumen penting dan pribadi anda, sehingga hanya orang yang tahu passwordnya saja yang bisa mengakses dokumen tersebut.
Dengan memanfaatkan fasilitas password yang telah disediakan oleh MicrosoftOffice Word maupun Excel, anda bisa dengan mudah melindungi dokumen penting dan pribadi anda, sehingga hanya orang yang tahu passwordnya saja yang bisa mengakses dokumen tersebut.
Ada dua jenis proteksi password yang disediakan oleh Word maupun Excel,
“Password to Open” yaitu password yang diperlukan untuk membuka file dokumen tersebut. Dengan cara ini orang lain tidak bisa membuka atau membaca dokumen anda tanpa tau password-nya,
“Password to Modify”, yaitu bila anda menginginkan bahwa dokumen asli anda tidak bisa diutak-atik (diedit) atau dirubah oleh orang lain. (tapi orang lain masih dapat melihat dokumen anda)
Sekedar saran, untuk menjamin keamanan dokumen anda, sebaiknya anda gunakan password yang berbeda untuk “Password to Open” dan “Password to Modify”
“Password to Open” yaitu password yang diperlukan untuk membuka file dokumen tersebut. Dengan cara ini orang lain tidak bisa membuka atau membaca dokumen anda tanpa tau password-nya,
“Password to Modify”, yaitu bila anda menginginkan bahwa dokumen asli anda tidak bisa diutak-atik (diedit) atau dirubah oleh orang lain. (tapi orang lain masih dapat melihat dokumen anda)
Sekedar saran, untuk menjamin keamanan dokumen anda, sebaiknya anda gunakan password yang berbeda untuk “Password to Open” dan “Password to Modify”
Langkah-langkah dalam melindungi dokumen Word atau Excel anda dengan mempergunakan password adalah sebagai berikut.
- Buka file dokumen anda, atau bisa juga anda membuat dokumen baru.
- Kemudian klik menu Tools – Options
- Pada jendela “options” klik tab Security lalu anda masukkan password pada “Password to Open” maupun “Password to Modify” kemudian tekan OK
- Pada jendela Confirm Password masukkan password yang sama pada langkah sebelumnya, ini dimaksudkan untuk meyakinkan bahwa password yang anda masukkan sesuai dengan keinginan anda, dan tidak ada salah ketik, kemudian klik OK
- Setelah selesai melakukan proses editing terhadap dokumen anda, kemudian “Save” file dokumen anda dengan ekstensi default MS Word(*.doc) atau Excel (*.xls)
- Suatu waktu ketika anda ingin membuka dokumen anda tersebut, MS Word akan meminta password untuk membuka dokumen tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Budayakan berkomentar untuk meningkatkan Rank Blog kamu, Syarat2nya adalah :
1. Gunakan Profil Blogger untuk lebih mudah.
2. Jika tidak ada, Gunakan Name/URL kamu.
3. Berkomentar dengan sopan, tidak SARA, kasar/porno.
4. Dilarang SPAM !
Terimakasih untuk teman blogger yang sudah sudi berkomentar :)